Makanan Sehat untuk Menu Sarapan Pagi

Makanan Sehat untuk Menu Sarapan Pagi

Makanan Sehat untuk Menu Sarapan Pagi – Sebelum memulai hari, sarapan menjadi kegiatan penting yang tidak boleh kita lewatkan. Sarapan menjadi awal bagi kita untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh, terutama bagi anak dan balita. Guna mendapatkan manfaat bagi kesehatan, sarapan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sarapan yang menyehatkan harus mengandung gizi dan mampu membuat perut merasa kenyang. Oatmeal merupakan salah satu makanan sehat yang dapat kita jadikan sebagai menu sarapan pagi. Makanan yang bernutrisi ini mengandung beta glukan. Beta glukan merupakan serat tebal yang membuat penikmatnya dapat merasa kenyang dalam wakt yang lama dan mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, oatmeal juga mengandung asam folat, omega 3, kalium dan antioksidan.

Bahan makanan yang baik untuk sarapan adalah telur. Jika kita memiliki kebiasaan mengkonsumsi telur ketika sarapan, kebiasaan tersebut sebaiknya kita teruskan. Banyak yang menilai bahwa telur bukanlah makanan yang sehat akibat kandungan kolesterol yang ada di dalam telur. Padahal, kandungan kolesterol pada telur tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Sumber makanan yang tinggi akan kandungan protein ini bermanfaat untuk mengurangi berat badan, lemak di dalam tubuh dan mengurangi lingkar pinggang. Kita juga dapat menjadikan bahan makanan di bawah ini sebagai menu sarapan pagi:

a. Kacang
Sama halnya dengan telur, kacang mengandung protein yang cukup. Kacang juga mengandung potasium, magnesium, lemak dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Guna memudahkan kita untuk mengkonsumsinya, kita dapat memilih mengkonsumsi mentega kacang yang dibalurkan di atas roti atau menjadikan mentega kacang untuk saus pada buah.

b. Pisang
Makanan sehat yang baik dikonsumsi ketika sarapan pagi adalah telur. Buah ini mampu membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Tidak hanya baik dikonsumsi ketika sarapan, pisang dapat pula dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet dan penderita hipertensi. Bagi beberapa orang, pisang baik untuk mendukung tekanan darah akibat kandungan kalium yang dimilikinya. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung, kita dapat mencampurkannya dengan mentega kacang atau oatmeal.

c. Keju cottage
Protein merupakan sumber nutrisi yang dikandung oleh keju cottage. Jika dibandingkan dengan telur, keju cottage memiliki efisiensi yang sama dalam menekan rasa lapar. Keju ini kaya akan kandungan kalsium, vitamin A dan vitamin B. Selain dikonsumsi secara langsung, kita dapat mengkonsumsi keju dengan makanan lainnya seperti buah, daun bawang dan kacang.

Kombinasi makanan sarapan yang baik adalah protein dan karbohidrat. Karbohidrat merupakan jenis nutrisi yang dapat memberikan energi ke dalam tubuh. Sedangkan protein dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan rasa kenyang untuk waktu yang lama. Karena manfaat yang diberikannya, sumber makanan yang mengandung protein dan karbohidrat harus ada pada menu makanan sarapan pagi. Kombinasi makanan yang dapat kita lakukan adalah roti atau sereal gandum sebagai sumber karbohidrat dan keju cottage atau susu rendah lemak sebagai sumber protein. Banyak kasus dimana sarapan tidak memenuhi kandungan protein yang cukup. Kesalahan ini kerap dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Jessica Crandall yang merupakan ahli diet asal Amerika Serikat mengungkapkan bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan 20 gr hingga 30 gr protein ketika pagi hari. Protein berguna untuk metabolisme tubuh dan menjaga massa otot. Hal tersebut berarti dibutuhkan beberapa ayam kalkum, 6-8 ons yogurt atau sebutir telur setiap paginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *